People show their smartphones on December 25, 2013 in Dinan, northwestern France. AFP PHOTO / PHILIPPE HUGUEN (Photo credit should read PHILIPPE HUGUEN/AFP/Getty Images)

Jangan cuma sayang  pacar aja, smartphone butuh disayang juga lho! Punya smartphone harus siap juga untuk ngejaga agar tetap awet dong. Jangan sampai kebiasaan sepele kita malah bikin smartphone cepat rusak. Smartphone yang gampang panas, nge-hang, atau baterainya boros, bisa jadi karena kesalahan kita lho.

handphone-knoala

Berikut kebasaan kamu yang bikin gadget marah!

 

  1. Tutup aplikasi-nya dong!

Sama halnya seperti memainkan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, kebiasaan lupa menutup aplikasi yang sudah dipakai akan bikin smartphone kita cepat rusak. Alasannya, kalo kita lupa menutup aplikasi berarti aplikasi tersebut tetap memakan daya baterai smartphone kita. Semakin banyak aplikasi yang belum ditutup, berarti semakin banyak daya baterai yang terbuang sia-sia dong, guys? Hindari kebiasaan buruk ini, ya!

 

  1. Menggunakan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Menggunakan banyak aplikasi seperti chatting, socmed, dan main games dalam waktu bersamaan akan bikin daya baterai smartphone kita cepat habis. Seringkali kita merasa wajar melakukannya, karena ada powerbank yang siap mengatasi masalah. Padahal kebiasaan seperti ini akan bikin smartphone kita cepat rusak lho.

 

  1. WiFi dan Bluetooth yang Terus Menyala

Apa kamu termasuk tipe orang yang sering membiarkan fitur WiFi atau Bluetooth menyala di smartphone? kalo iya, cepat hentikan kebiasaan ini karena terus-menerus menyalakan fitur yang membutuhkan jangkauan koneksi. Kalo dinyalain, fitur ini bikin smartphone kita mencari koneksi terus menerus. Hal ini bikin daya baterai cepat habis dan kalo dibiarkan mengakibatkan baterai smartphone cepat rusak.

 

  1. Penggunaan Casing yang Salah

Casing smartphone ternyata bisa berpengaruh buruk juga lho. Pilih casing yang nggak menyerap panas baterai dari smartphone kita. Pemakaian casing yang salah akan cepat mengurangi daya baterai, kalo dibiasakan akan memungkinkan smartphone cepat rusak. Selain itu, setiap kali di-charge usahakan untuk melepas casing dari smartphone kita. Keadaan smartphone yang di-charge dan masih diselimuti casing akan bikin baterai cepat panas.

 

  1. Main Smartphone Saat Lagi Di-Charge

Pengisian daya baterai smartphone atau lagi di-charge bikin gadget panas. Nah, kalo kita tetap memainkan smartphone saat lagi di-charge maka intensitas panas smartphone akan bertambah. kalo kebiasaan ini dilakukan terus-menerus akan merusak baterai smartphone lho.

hp3

So girls, mau mempermainkan gadget kamu sesuka hati? Jangan lagi ya